Blog SMP Negeri 9 Depok

Sekolah Standar Nasional (SSN)

  • Islamic Calendar

    AL QURAN ONLINE

    http://m.alquran-indonesia.com/mquran/index.php/quran

    Renungan

    Jadwal Shalat

    Yang Online

    Facebook Sembilan

    Sembilan Depok

    Buat Lencana Anda

    WAU_tab('lzqdjbimfeua', 'left-middle')

  • Kategori

  • Arsip Tulisan

  • RSS REPUBLIKA ONLINE

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS ERA MUSLIM

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Perjuangan Belum Berakhir

Posted by adilsaz pada 2 Mei 2009

un09Beberapa hari yang lalu kalian sudah menyelesaikan salah satu rangkaian kegiatan dari beberapa kegiatan yang harus kalian lalui di akhir tahun pelajaran 2008/2009 ini untuk menentukan berhasil tidaknya kalian setelah 3 tahun menimba ilmu pengetahuan di SMP Negeri 9 Depok.
Melihat semangat dan usaha kalian dalam menghadapi ujian nasional sekolah merasa bangga karena kalian dapat mengakhiri ujian nasional tersebut dengan baik. Bapak/Ibu guru tidak menyangsikan kemampuan kalian. Kalian sudah dibekali pengetahuan yang cukup dari bapak/ibu guru sejak kelas 7, bahkan di kelas 9 kalian ditambahi bekal dengan pelajaran tambahan yang dimulai sejak bulan November 2008. Selain itu latihan-latihan/prediksi soal yang disesuaikan dengan kisi-kisi (skl) dari BNSP banyak diberikan oleh bapak/ibu guru. Try Out pun sudah beberapa kali dilakukan. Dari setiap try out bapak ibu guru menganalisis hasilnya agar diketahui kekurangan-kekurangan kamu pada materi apa saja untuk ditindaklanjuti berupa perbaikan-perbaikan yang terus dilakukan setiap tatap muka didalam kelas. Semua itu dilakukan hingga berakhirnya pelajaran tambahan dan ditutup dengan try out (20 April – 23 April 2009). Semua kegiatan yang sudah kamu lalui itu membuat bapak/ibu guru dapat mengukur kemampuan kamu dan merasa yakin bahwa kamu siap menghadapi ujian nasional.Sejak kalian diterima di SMP Negeri 9 Depok kalian sudah ditanamkan sejak dini kejujuran, dan rasa percaya diri yang tinggi. Dalam kondisi sudah belajar atau belum belajarpun, kalian diajarkan dan diingatkan untuk tidak mencontek pada setiap ulangan. ujian-nasional-09Baik buruk hasilnya dijadikan bahan untuk intropeksi diri demi perbaikan dan peningkatan selanjutnya. Keberhasilan yang dicapai disetiap akhir semester atau akhir tahun pelajaran harus dilakukan dengan cara yang jujur, bukan dengan mencontek. Tentunya kalian tidak merasa bangga bahkan malu jika menjadi yang terbaik di kelas tetapi dihasilkan dari ketidakjujuran alias mencontek. Keberhasilan dengan cara tidak terpuji ini adalah keberhasilan semu yang dapat berbahaya saat ujian akhir di kelas 9 nantinya. Kenapa? Karena ujian nasional dilaksanakan lebih ketat dibandingkan ulangan semester apalagi ulangan harian karena diawasi oleh 2 orang pengawas dari sekolah lain dan setiap ruang hanya diisi oleh maksimal 20 peserta ujian yang bisa saja menyebabkan kamu grogi dan tidak memiliki rasa percaya diri. Imbasnya kamu tidak mampu menjawab soal-soal ujian dengan maksimal.
Keberhasilan terasa membanggakan dan nikmat dirasakan bila terjadi setelah pengumuman kelulusan dan dinyatakan lulus dengan hasil memuaskan dengan kemampuan dan usaha sendiri tanpa rekayasa atau bantuan siapapun. Maka, seandainya kalian mendengar ada isu-isu sekolah lain mendapat bocoran jawaban sementara kalian berusaha sendiri tanpa mendapatkan bantuan dari sekolah atau bapak/ibu guru, janganlah kalian merasa iri.
Seharusnya kalian merasa bangga kepada diri sendiri yang berlaku jujur, memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan yang ada.
Sekolah merupakan lembaga pendidikan. Sudah seharusnya kamu juga merasa bangga kepada sekolah dimana bapak/ibu gurunya mengajarkan kalian kejujuran dan percaya kepada diri sendiri, bukan diajarkan kecurangan atau kebohongan. Kalian adalah generasi muda yang pada saatnya nanti akan menggantikan yang tua-tua untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini. Banyak diantara kalian dikemudian hari yang menjadi pejabat negara, pengusaha, hakim, pengacara, dokter dan lain sebagainya. Apa jadinya dikemudian hari jika sejak dini kalian diajarkan kecurangan, kebohongan, dan ketidakjujuran. Tak bisa dibayangkan kalau kalian menjadi pejabat negara yang banyak menipu rakyatnya, hakim yang tidak jujur, atau dokter yang bohong pada pasiennya. Mau dibawa kemana negara ini jika generasi muda seperti itu nantinya menggantikan generasi tua sekarang ini. Setiap agama pasti mengajarkan kejujuran dimanapun kita berada tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Kalau kalian percaya kepada Allah, maka Allah akan memberikan yang terbaik buat kalian. Tidak selamanya keberhasilan dengan cara yang curang akan membawa manfaat bagi dirinya. Dalam hal ini Allah tidak akan buta kepada umatnya, baik yang melakukan kejujuran ataupun kecurangan. Disisi lain janganlah kalian lupa untuk terus berdoa. Semoga usaha kalian ini membawa hasil yang membanggakan.
Setelah Ujian Nasional kalian akan menyongsong ujian lainnya yaitu ujian sekolah (11 Mei – 14 Mei 2009) dan ujian praktik (18 Mei – 27 Mei 2009). Jadwal ujian sekolah dapat dilihat pada postingan yang lalu, sementara jadwal ujian praktik akan menyusul kemudian. Materi ujian praktik adalah pendidikan agama, bahasa indonesia, bahasa inggris, ilmu pengetahuan alam (ipa), teknologi informasi dan komunikasi (tik), seni budaya, pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes), bahasa sunda dan muatan lokal (mulok) kerajinan. Sekolah berharap kalian tidak mengabaikan hal ini. Kalian akan dinyatakan berhasil/lulus kalau ketiga kegiatan tersebut dapat kamu lalui dengan baik dan mendapatkan nilai sesuai kriteria standar kelulusan minimal yang sudah ditentukan.

Satu Tanggapan to “Perjuangan Belum Berakhir”

  1. naboy said

    aduuuh paaak….
    tp klo ngk ada bantuan kan tegang pak…,,lulusan kemaren ajh dapet pak….
    klo membanggakan diri kara ngk nyontek tp ngk lulus sama ajh dooonk…
    aduuuuuuuh….bapak2….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: