Blog SMP Negeri 9 Depok

Sekolah Standar Nasional (SSN)

  • Islamic Calendar

    AL QURAN ONLINE

    http://m.alquran-indonesia.com/mquran/index.php/quran

    Renungan

    Jadwal Shalat

    Yang Online

    Facebook Sembilan

    Sembilan Depok

    Buat Lencana Anda

    WAU_tab('lzqdjbimfeua', 'left-middle')

  • Kategori

  • Arsip Tulisan

  • RSS REPUBLIKA ONLINE

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS ERA MUSLIM

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Apa sih Flu Babi (Swine Flu)?

Posted by adilsaz pada 21 Mei 2009

PigUntuk mencari jawabnya saya mencoba mencari informasi dengan minta bantuan paman google. Ternyata informasi yang didapatkan dari internet cukup banyak.Informasi yang akan disampaikan ini walaupun sedikit mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membaca. Judul di atas saya ambil karena ingin tahu apa sih Flu Babi(Swine Flu) itu. Setelah beberapa saat yang lalu kita dihebohkan dengan flu burung dan sampai saat ini masih ada satu dua kasus yang terjadi di Indonesia ternyata flu babi ini cukup menghebohkan dunia bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun meningkatkan status bahaya Flu Babi (Swine Flu) ke fase lima dimana pada fase itu minimal ada dua negara yang ada dalam koordinasi badan kesehatan dunia tersebut terkena penyakit ini. Dua negara tersebut adalah (Amerika Serikat, negara bagian Texas, dan Meksiko). Dua negara ini ditengarai menjadi awal dari Flu Babi (Swine Flu) ini. Fase kelima ini adalah satu fase sebelum fase terakhir dimana fase keenam adalah fase pandemi yaitu , fase puncak dimana ditemukan penyakit tersebut menyebar di beberapa wilayah besar.

Apa sih Flu Babi?
Virus Influenza A (H1N1)Semula Flu Babi atau Swine Flu/Influenza adalah penyakit saluran pernafasan yang hanya menjangkit pada babi yang disebabkan oleh virus influenza jenis A-H1N1. Wabah penyakit ini rutin terjadi dengan tingkat kasus tinggi, namun jarang menjadi fatal. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa babi yang diserang flu ini mati dalam 1-4 hari. Sampai saat ini sudah berhasil diisolasi sebanyak 4 sub-type A : H1N1, H1N2, H3N2, dan H3N1.

Pakar mikrobiologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Widya Asmara, menyatakan, virus A-H1N1 penyebab flu babi yang saat ini berkembang dan menyebabkan wabah di Meksiko merupakan virus baru.

pig-2“Virus tersebut kemudian memang dinamakan dengan virus A-H1N1, namun sebenarnya merupakan hasil pencampuran genetik beberapa virus influenza,” katanya seusai seminar “Antisipasi Pencegahan Penyebaran Flu Babi” di kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Selasa (19/5).

Masih kata beliau, virus A-H1N1 yang saat ini berkembang menjadi wabah merupakan virus baru, meskipun tidak sepenuhnya baru karena hasil gabungan genetik berbagai virus, di antaranya virus influenza Amerika, virus influenza Eurasia, dan virus influenza unggas.

Menurutnya, virus H1N1 yang menyebabkan flu babi tidak mewabah pada babi, tetapi justru mewabah pada manusia.

Fakta baru di negara di Amerika Latin (Meksiko) menunjukkan, sebagian besar korban berusia muda, yakni 20 hingga 40 tahun. Ini menjadi sesuatu yang tak biasa karena flu biasanya lebih mudah menjangkiti manusia berusia tua.

Tanda dan Gejala
Tanda dan gejala flu babi pada manusia umumnya mirip gejala virus influenza yang biasa diderita oleh manusia, yakni:
– sakit nyeri pada seluruh tubuh
– Rasa dingin/kaku
– demam
– lelah dan letih
– nafsu makan hilang
– batuk
– hidung berlendir (pilek)
– sakit tenggorokan
– muntah-muntah (jarang terjadi) dan
– diare (jarang terjadi)

Darimana manusia bisa tertular Flu Babi?

Flu babi bisa menular dari babi ke manusia atau sebaliknya. Infeksi pada manusia terjadi terutama jika berada dekat dengan babi yang terinfeksi seperti berada dalam kandang babi dan lain-lain.. Infeksi dari manusia ke manusia lain bisa juga terjadi, mirip seperti flu manusia, yaitu melalui bersin atau batuk. Dapat pula lewat sentuhan tangan, kemudian tangan tersebut menyentuh mulut atau hidung.

Pencegahan
1. Jika menderita flu, sebaiknya jangan keluar rumah agar tidak menulari orang lain.
2. Penderita sebaiknya memakai masker. Begitu juga dengan orang yang ada di sekitarnya.
3. Pemakaian masker juga dianjurkan bila bepergian ke daerah ramai untuk mencegah penyebaran virus.
4. Cobalah untuk hidup sehat
5. Cobalah untuk mengelola stress anda
6. Cuci tangan yang bersih dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 15 detik.
7. Melakukan olah raga yang cukup
8. Menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan yang bergizi dan tidur yang teratur.
9. Menyiapkan obat-obatan yang berhubungan dengan penaggulangan Flu Babi yang pada dasarnya adalah Oseltamivir atau Zanamivir yang sama untuk H5N1 (virus Flu Burung)
Seluruh dunia menyebutnya flu babi (swine flu). Namun seorang pejabat senior Israel mengganti istilah flu babi tersebut. Tujuannya, supaya tidak menyebutkan nama hewan yang dinyatakan terlarang bagi Yahudi. Memakan daging babi diharamkan dalam Judaisme, agama yang dianut mayoritas warga Israel. Larangan serupa berlaku dalam agama Islam.

Hanya terjadi di negara-negara 4 musim
Ada pendapat yang mengemuka bahwa flu babi ini hanya terjadi di benua yang memiliki 4 musim (musim panas, dingin, semi, gugur) sementara kemungkinan untuk terjadinya di daerah tropis atau 2 musim (musim hujan, kemarau) sangat tipis. Paling tidak ini bisa jadi kabar gembira buat warga Indonesia.

Konsumen daging babi minim
Ini juga yang membuat kondisi kita sedikit beruntung karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim yang tidak mengkonsumsi daging babi, sehingga kemungkinanya kecil untuk penyakit ini berkembang. Walaupun tidak serta merta Indonesia bebas dari flu babi.

Sumber :
– Wikipedia berbahasa Indonesia
– Gusimerah
– Blog Dokter Didi Kusmarjadi, Sp OG
– Kompas.Com
– Tempo.Com

2 Tanggapan to “Apa sih Flu Babi (Swine Flu)?”

  1. Candrawati said

    Ralat komentar… komentar pertama dari teman saya namanya Agus. kalau komentar saya adalah… kebersihan adalah sebagian dari iman jadi jagalah kebersihan selalu.

  2. Candrawati said

    Iiiich…. serem banget ya. Ada cara yang lebih ampuh untuk tidak terkena virus flu babi. Salah satunya adalah tidak ciuman dan tidur dengan babi, he..he…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: