Blog SMP Negeri 9 Depok

Sekolah Standar Nasional (SSN)

  • Islamic Calendar

    AL QURAN ONLINE

    http://m.alquran-indonesia.com/mquran/index.php/quran

    Renungan

    Jadwal Shalat

    Yang Online

    Facebook Sembilan

    Sembilan Depok

    Buat Lencana Anda

    WAU_tab('lzqdjbimfeua', 'left-middle')

  • Kategori

  • Arsip Tulisan

  • RSS REPUBLIKA ONLINE

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS ERA MUSLIM

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru dari Keluarga Miskin dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) T.P 2014/2015

Posted by adilsaz pada 13 Juni 2014

PPDB Online

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) calon peserta didik dari keluarga miskin dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ini bertujuan untuk memberikan layanan pendidikan untuk semua dan pemerataan pendidikan bagi calon peserta didik dari keluarga miskin dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam pelaksanaan PPDB sesuai dengan Peraturan Wali Kota tentang Pedoman PPDB yang telah ditetapkan.

Ketentuan Umum
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah keterbatasan atau keluarbiasaan baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya.

Keluarga miskin adalah keluarga yang belum bisa memenuhi kebutuhan pokok hidupnya, atau maksimal berpenghasilan perkapita untuk makan Rp. 7.000,- sekali makan atau Rp. 21.000,- perhari, atau penghasilan dibawah Rp. 600.000,- per bulan.

Kuota
Kuota calon peserta didik dari keluarga miskin dan ABK yaitu 20 persen untuk keluarga miskin dan 2 persen ABK dari daya tampung satuan pendidikan. Adapun kriterianya sebagai berikut:

1. Orang tua/wali Peserta Disik dinyatakan miskin apabila:
– Tidak punya pekerjaan
– Tidak punya penghasilan tetap
– Tidak punya rumah
– Rumah mengontrak di rumah petakan/tidak layak huni
– Penghasilan dibawah Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah/bulan)
-Tidak merokok
2. Peserta Didik Baru dinyatakan ABK apabila dapat Ijazah yang menyatakan ABK dapat menunjukan ijazah asli.

Persyaratan
Kelengkapan sebagai Persyaratan PPDB calon peserta didik dari keluarga miskin dan ABK yaitu:
a. Surat pernyataan dari Orang Tua calon peserta didik bermaterai Rp. 6.000,- yang menyatakan Kebenaran Data tentang dirinya miskin, Besaran Penghasilan, Mata Pencaharian, Pemakaian Daya Listrik, dan tidak merokok dengan melampirkan:
– Foto Copy KTP dan KK Kota Depok, dengan menunjukan aslinya
– Foto Copy Jamkesda/Jamkesmas/PKH/KPS/SKTM dari kelurahan bermaterai (salah satu), dengan menunjukan aslinya
– Surat Keterangan domisili dari RT
b. Ijazah ABK bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) atau surat keterangan dari Lembaga Psykologi.

Penyerahan Berkas Persyaratan
Orang tua Calon Peserta Didik dari keluarga miskin dan ABK dapat menyampaikan usulan sesuai dengan persyaratan kepada sekolah asal pada tanggal 2 – 6 Juni 2014, pukul 08.00 WIB s.d 14.00 WIB untuk hari Jum’at pada pukul 08.00 WIB s.d 11.00 WIB.

Pendataan Calon Peserta Didik
1. Pendataan Peserta Didik dari keluarga miskin dan ABK yang duduk di kelas 6 SD atau kelas 9 SMP dilakukan oleh tim pendataan yang dibentuk oleh Kepala Sekolah
2. Pendataan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei s.d 10 Juni 2014
3. Rekapitulasi Hasil Pendataan SD dilaporakan kepada Kasi SD melalui kepala UPT Pendidikan, SMP dilaporkan kepada Kasi SMP
4. Laporan Data siswa miskin dilaksanakan setiap hari kepada Dinas Pendidikan Kota Depok dan akan diumumkan di WEBSITE DISDIK di disdik.depok.go.id

Pendaftaran
Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru dari Keluarga Miskin dan ABK dilaksanakan pada 24 s.d 27 Juni 2014 pukul 08.00 WIB s.d 14.00 WIB.
Berkas untuk pendaftaran sebagai berikut:
1. Surat Keterangan lolos administrasi dari sekolah asal sebagai calon peserta didik dari keluarga miskin dan ABK
2. Foto Copy Kartu Keluarga dan KTP Kota Depok dengan menunjukan KK dan KTP Asli
3. SKHUS/SKHUN Asli dan Foto Copy yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah asal atau Surat Keterangan dari Kepala Sekolah apabila SKHUS/SKHUN Asli Belum Keluar
4. Foto Copy Piagam/Sertifikat Berprestasi yang sudah disyahkan oleh tim (jika ada)
Pendaftaran dilakukan secara tertulis dengan mengisi formulir yang telah disediakan di tingkat satuan pendidikan yang terdekat dengan domisili serta menyerahkan berkas pendaftaran (yang tertera diatas) kepada panitia PPDB di sekolah

Adapun tahap seleksinya yaitu:

a. Menggunakan sistem jurnal berdasarkan nilai US/M/UN dan bobot prestasi

b. Rumus Nilai Jurnal adalah:
Nilai Jurnal = ∑ nilai US/M + Bobot Nilai Prestasi, untuk SMP
Nilai Jurnal = ∑ nilai UN + Bobot Nilai Prestasi, untuk SMA dan SMK

c. Calon peserta didik baru dari keluarga miskin dan ABK hanya boleh memilih satu (1) sekolah tujuan.

d. Apabila pada batas passing grade ada dua atau lebih peserta didik dengan jumlah nilai jurnal yang sama, maka prioritas penerimaan calon peserta didik baru ditetapkan berdasarkan nilai tertinggi mata pelajaran yang terdapat pada urutan SKHUS/M/SKHUN.

e. Apabila nilai mata pelajaran yang terdapat pada urutan SKHUS/M/SKHUN sama maka dilakukan seleksi berdasarkan usia tertua.

f. Apabila usia sama, maka dilakukan seleksi berdasarkan domisili terdekat dengan sekolah.

g. Bagi calon peserta didik baru dari Keluarga miskin dan ABK yang dibawah passing grade akan disalurkan ke SMP Terbuka, SMA Terbuka.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
Pengumuman hasil seleksi peserta didik baru TK, SD, SMP, SMA dan SMK dari keluarga miskin dan ABK pada tanggal 30 Juni 2014 pukul 10.00 WIB di sekolah yang dituju.

DAFTAR ULANG CALON PESERTA DIDIK
1. Daftar ulang calon peserta didik baru dilaksanakan di satuan pendidikan yang menerima pada tanggal 1 s.d 2 Juli 2014 pukul 08.00 s.d 14.00 WIB.
2. Calon peserta didik baru yang tidak melakukan pendaftaran ulang pada waktu yang sudah ditentukan dinyatakan mengundurkan diri.

Bagi Calon Peserta Didik Baru dari Keluarga Miskin dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang berprestasi di Tingkat Nasional atau Tingkat Provinsi Jawa Barat atau Tingkat Wilayah II Bogor atau Tingkat Kota Depok Juara I atau II atau III yang diperoleh selama menempuh pendidikan di SD/MI atau SMP/MTs dapat mengikuti petunjuk teknis di bawah ini.

Pengesahan Sertifikat/Piagam Penghargaan Peserta Didik Berprestasi

1. Jenis Prestasi
a. Calon Peserta Didik Baru dari Keluarga Miskin yang berprestasi di Tingkat Nasional atau Tingkat Provinsi Jawa Barat atau Tingkat Wilayah II Bogor atau Tingkat Kota Depok Juara I atau II atau III yang diperoleh selama menempuh pendidikan di SD/MI atau SMP/MTs, mendapat penambahan nilai sebagai penghargaan atas prestasi yang diraih dengan diberikan bobot nilai prestasi
b. Jenis prestasi yang dimaksud adalah lomba : OSN, LPIR, Duta Sanitasi, Pasanggiri Bahasa Sunda, FLS2N, IJSO, IMSO, O2SN, POPNAS, POPDA, POPWIL, PRAMUKA dan kejuaraan yang diselenggarakan KONI

2. Bobot Prestasi
a. Calon peserta didik baru dari keluarga miskin dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SMP, SMA, dan SMK Negeri yang berprestasi Juara I perorangan Tingkat Nasional sebagai utusan Kota Depok untuk OSN, LPIR, Lomba Duta Sanitasi, Pasanggiri Bahasa Sunda, FLS2N, IJSO, IMSO, O2SN, POPNAS, POPDA, POPWIL, PRAMUKA dapat disalurkan ke sekolah negeri yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok.
b. Calon Peserta Didik Baru dari keluarga miskin dan ABK SMP, SMA, dan SMK Negeri yang berprestasi ditambah dengan bobot nilai sebagai berikut:

NO

PRESTASI

BOBOT NILAI

Tingkat

Juara

Perorangan

Beregu

1

Nasional

Juara I

3,00

1,80

Juara II

2,90

1,65

Juara III

2,80

1,50

2

Provinsi

Juara I

2,70

1,35

Juara II

2,60

1,20

Juara III

2,50

1,05

3

Wilayah II

Juara I

2,40

0,90

Juara II

2,30

0,75

Juara III

2,20

0,60

4

Kota

Juara I

2,10

0,50

Juara II

2,00

0,40

Juara III

1,90

0,30

c. Calon Peserta Didik Baru dari Keluarga Miskin dan ABK yang memiliki sertifikat prestasi lebih dari satu, dipilih salah satu yang memiliki bobot tertinggi
d. Calon Peserta Didik Baru dari Keluarga Miskin dan ABK peraih Olimpiade Sains tingkat Internasional yang berasal dari Kota Depok dapat diterima langsung di SMP, SMA dan SMK Negeri Kota Depok

3. Pengesahan
a. Calon peserta didik baru dari keluarga miskin dan ABK yang berprestasi dibuktikan dengan 1 sertifikat/piagam penghargaan dan surat keterangan atas sertifikat/piagam penghargaan tersebut dibuat sekolah asal dan disahkan oleh tim yang dibentuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok
b. Pengesahan sertifikat/piagam penghargaan dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 20 Juni 2014 di Kantor Dinas Pendidikan Kota Depok, Gedung DIBALEKA II Lantai 4 Jalan Margonda Raya No. 54 Kota Depok disampaikan oleh guru yang diberi tugas oleh Kepala sekolah
c. Keputusan tim pengesahan Sertifikat adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Sumber : http://disdik.depok.go.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: