Blog SMP Negeri 9 Depok

Sekolah Standar Nasional (SSN)

  • Islamic Calendar

    AL QURAN ONLINE

    http://m.alquran-indonesia.com/mquran/index.php/quran

    Renungan

    Jadwal Shalat

    Yang Online

    Facebook Sembilan

    Sembilan Depok

    Buat Lencana Anda

    WAU_tab('lzqdjbimfeua', 'left-middle')

  • Kategori

  • Arsip Tulisan

  • RSS REPUBLIKA ONLINE

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS ERA MUSLIM

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Mendikbud Imbau Orang Tua Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

Posted by adilsaz pada 16 Juli 2016

 

Hari Pertama SekolahTahun ajaran baru sebentar lagi tiba. Hari pertama sekolah menjadi moment paling penting dalam menyambut tahun pelajaran baru. Hari itu, peserta didik akan menghadapi suasana baru, kelas baru bahkan mungkin teman baru. Jangan biarkan anak menghadapi suasana baru itu sendiri.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, mengimbau seluruh orang tua untuk mengantarkan anak di hari pertama sekolah. Kenapa hal itu penting? Karena, di hari pertama sekolah, merupakan awal perjalanan panjang anak-anak di rumah keduanya.

”Anak-anak kita menggunakan sebagian waktunya di sekolah. Mereka mengisi sepertiga harinya dengan berkegiatan di sekolah. Lima sampai enam hari dalam seminggu mereka belajar di sekolah serta bertahun-tahun mereka berkegiatan di sekolah. Moment hari pertama itulah orang tua melihat rumah kedua anak-anak. Ada wajah masa depan anak-anak kita di sekolah,” jelas Mendikbud dalam pertemuan dengan sejumlah wartawan di kantor Kemdikbud, Senin (11/7/2016).

Keterlibatan orang tua sangat diharapkan dalam mendampingi anak di hari pertama sekolah. Di hari pertama masuk sekolah, orang tua dan murid bisa berkenalan dengan warga sekitar sekolah, saling menyapa di gerbang sekolah, melihat-lihat sekolah bersama, menyapa guru-guru di sekolah, berkenalan dengan orang tua murid lainnya, berinteraksi dengan wali kelas, melihat fasilitas sekolah serta berbagi ide dan inisiatif untuk kemajuan sekolah.

”Mengantarkan anak ke sekolah adalah kesempatan membangun hubungan positif antara lingkungan pendidikan di rumah dan sekolah. Mengantar bukan sekedar sampai sampai gerbang sekolah lantas pergi. Mengantar berarti menemani dan membangun interaksi dengan guru dan orang tua murid lainnya,” jelas Mendikbud.

Dalam kesempatan itu, orang tua dapat berkenalan dengan wali kelas, guru dan kepala sekolah serta saling bertukar nomor telfon. Orang tua juga bisa menceritakan kondisi dan karakter anak saat di rumah.

Orang tua juga dapat mencari tahu program sekolah selama satu tahun, menyampaikan harapan serta usulan kepada pihak sekolah, mengetahui program keterlibatan orang tua selama satu tahun serta dapat berkonsultasi dan berbagi pengalaman dalam mendukung kegiatan belajar anak di rumah.

Orang tua juga diharapkan saling berkenalan dengan orang tua murid lainnya kemudian merencanakan untuk membentuk paguyuban orang tua sebagai jembatan komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah.

Dari paguyuban tersebut, orang tua diharapkan dapat terlibat aktif karena paguyuban dapat menjadi wadah untuk mencegah dan menyelesaikan berbagai masalah seperti perkelahian atau tindak kekerasan antar siswa, adanya indikasi peredaran narkoba, masalah pornografi, ajaran ekstrim dan tindakan amoral lainnya.

Selain di hari pertama masuk sekolah, orang tua juga diharapkan aktif dalam berbagai kegiatan lainnya di sekolah, seperti mengikuti pertemuan dengan wali kelas minimal dua kali dalam satu semester, mengikuti kelas orang tua minimal dua kali dalam satu tahun, hadir sendiri pada setiap pembagian rapor, hadir sebagai narasumber kelas inspirasi, serta terlibat aktif dan hadir pada pentas kelas pada akhir tahun ajaran.

Sumber: sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: